Penyakit HIV Waspadai Tanda Gejalanya !

Penyakit HIV Waspadai Tanda Gejalanya !

 

HIV adalah singkatan dari Human Immunodeficiency Virus. Suatu virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh menjadi lemah sehingga tidak dapat melawan infeksi dan penyakit. Sedangkan AIDS adalah singkatan dari acquired immunodeficiency syndrome yaitu sekumpulan gejala penyakit karena sistem kekebalan tubuh yang lemah sehingga dapat mengancam nyawa yang disebabkan oleh virus HIV. Dengan kata lain AIDS adalah tahap akhir dari infeksi HIV, ketika tubuh tidak lagi bisa melawan infeksi yang dapat mengancam jiwa. Dengan diagnosis dini dan mengetahui gejala HIV AIDS dan pengobatan yang efektif, kebanyakan orang dengan HIV tidak akan terus mengembangkan AIDS.

Penyakit HIV Waspadai Tanda Gejalanya !

Penyakit HIV Waspadai Tanda Gejalanya !

HIV adalah infeksi menular seksual. Virus ini juga dapat ditularkan melalui kontak dengan darah yang terinfeksi, misalnya menggunakan jarum suntik bersama-sama, mesin tato yang terkontaminasi, dan sebagainya. Bisa juga ditularkan dari ibu ke anak selama kehamilan, persalinan atau menyusui. Ketika virus HIV masuk ke tubuh manusia, ia akan membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk melemahkan sistem kekebalan tubuh sampai akhirnya menjadi penyakit AIDS.

Tanda-tanda penyakit HIV sangatlah banyak, namun ada tanda-tanda khusus yang dapat memastikan bahwa seseorang itu terkena penyakit HIV. Berikut beberapa tanda penyakit HIV yang harus Anda ketahui dan waspadai, antara lain :

  1. Demam

Demam ringan sekitar 39 derajat C (102 derajat F) jadi awal penandanya. Orang biasanya menganggap hal ini sebagai gejala flu biasa, dan tidak akan menyadari kalau telah terjadi penyebaran virus keseluruh tubuh.

  1. Kelelahan

Kelelahan seperti gejala anemia atau kekurangan darah disertai dengan rasa lemah dan lesu merupakan awal dari gejala penyakit HIV selanjutnya. Jika kamu tidak melakukan pekerjaan yang berat namun merasa lelah yang tidak wajar ini bisa berarti gejala penyakit HIV.

  1. Nyeri Sendi Disertai Pembengkakan Pada Kelenjar Bening

Rasa pegal pada otot ditambah dengan nyeri sendi dan terjadi pembengkakkan kelenjar getah bening menandakan bahwa tubuh mulai merespon infeksi virus HIV.

  1. Sakit Kepala dan Sakit Tenggorokan

Jika kamu sakit tenggorokan disertai dengan sakit kepala pada frekuensi yang cukup sering, ini bisa berarti kamu terkena penyakit HIV. Jangan mengabaikan gejala yang muncul berulang kali.

  1. Diare, Mual dan Muntah

Diare sangat sering terjadi disertai dengan mual dan muntah juga tanda-tanda kamu terinfeksi penyakit HIV. Ini berarti virusnya telah menyebar di seluruh tubuh dan efeknya adalah diare, mual dan muntah yang terus menerus.

  1. Ruam Pada Kulit

Akan muncul bercak memerah pada bagian kulit disertai dengan bisul dan rasa gatal pada bagian tubuh tertentu.

  1. Turunnya Berat Badan

Berat badan akan turun secara drastis meskipun nafsu makan tetap sama atau normal seperti biasa.

  1. Batuk Kering

Batuk kering yang terus menerus bisa menjadi tanda bahwa kamu terinfeksi penyakit HIV. Apalagi jika obat batuk dan inhaler yang kamu pakai tidak memberi efek malah menjadi semakin parah.

  1. Pneumonia

Infeksi pneumonia biasanya karena lemahnya sistem kekebalan tubuh. Ini bisa berarti bahwa tubuh kamu sudah melemah. Virus lain yang dapat menginfeksi adalah toksoplasma.

  1. Keringat Dingin di Malam Hari

Kamu akan berkeringat dimalam hari padahal cuaca dalam keadaan sejuk. Ini juga menjadi salah satu ciri terinfeksi virus HIV.

  1. Warna Kuku Berubah

Terjadi perubahan pada kuku seperti lebih tebal dengan warna hitam atau coklat pada kuku, ini biasanya disebabkan oleh jamur dan bakteri.

  1. Infeksi Mulut

Mulut juga jadi lebih sering terkena infeksi jamur seperti sariawan dan infeksi pada gusi ditambah lagi susah menelan. Ini menandakan bahwa tingkat kekebalan tubuh kamu memang sudah sangat menurun.

  1. Susah Konsentrasi

Jika kamu mulai susah untuk diajak berpikir, ini berarti bahwa virus sudah mulai memberi efek pada syaraf dan otak. Gejala ini biasanya juga disertai dengan sifat mudah marah dan juga tersinggung.

  1. Kesemutan dan Lemah

Neuropati parifer merupakan gejala akhir infeksi HIV dimna tangan dan kaki mati rasa dan sering mengalami kesemutan. Ini juga bisa disebabkan oleh kerusakan pada jaringan syaraf.

  1. Herpes di Mulut dan Kelamin

Ini merupakan fase kedua penyakit HIV dan tidak ada kaitannya dengan wabah Tomcat yang baru-baru ini menghebohkan masyarakat. Jika kamu mendapati mulut dan kelamin kamu memiliki masalah ini, kamu sudah memasuki masa ke dua dari infeksi HIV.

  1. Menstruasi Tidak Teratur

Pada wanita HIV menyebabkan tidak teraturnya masa menstruasi. Ini merupakan pertanda paling buruk bagi wanita karena akan menyebabkan penurunan berat badan dan merupakan tanda tahap terakhir infeksi.

Nah itu tanda yang menunjukan kalau orang terjangkit virus HIV/AIDS. Kenali dan waspadai tanda-tandanya sejak dini. Jika Anda curiga telah terpapar segeralah berkunjung ke dokter sebelum gejala muncul karena ada upaya preventif untuk mencegah terkena penyakit HIV.

Penyakit HIV Waspadai Tanda Gejalanya !

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*