Penyakit HIV Dan Penyebab

Penyakit HIV Dan Penyebab

 

Penyakit HIV adalah penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh, yang mana sistem kekebalan tubuh adalah pertahanan tubuh terhadap penyakit. Jika sistem kekebalan tubuh seseorang telah dirusak oleh virus, maka akan mengembangkan AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome). Ini berarti mereka akan mendapatkan infeksi dan penyakit yang mana tubuh mereka biasanya bisa melawan. Didiagnosa menderita penyakit HIV bukan berarti seseorang memiliki AIDS atau mereka akan meninggal. Perawatan akan memperlambat kerusakan pada sistem kekebalan tubuh sehingga orang dengan penyakit HIV dapat tetap baik, hidup sehat dan memuaskan.

Penyakit HIV Dan Penyebab

Penyakit HIV Dan Penyebab

Penyakit HIV disebabkan oleh virus yang menyerang system kekebalan tubuh sehingga sel-sel pertahanan tubuh makin lama makin banyak yang rusak. Penderita infeksi HIV menjadi sangat rentan terhadap semua bentuk infeksi. Pada tahap akhir, penderita tidak bisa tahan terhadap kuman-kuman yang secara normal bisa dilawannya dengan mudah.

Tanda gejala HIV AIDS biasanya ditandai dengan mengalami penurunan berat badan yang drastis karena diare dan serangan infeksi secara konstan, periode menstruasi yang tidak teratur dan lebih sedikit ini karena jumlah darah menurun dan terjadi kerusakan kesehatan secara umum, kehilangan daya ingat, kesemutan yang ekstrim seperti ditusuk-tusuk jarum pada ujung jari tangan dan kaki pertanda virus mulai mempengaruhi sistem saraf, infeksi pada organ intim.

Selain itu gejala penyakit HIV AIDS juga ditandai dengan perubahan warna kuku, kuku tumbuh lebih tebal , keriting dan berubah warna ini karena ragi dan infeksi jamur pada kuku. Kemudian penderita penyakit HIV juga akan merasa sering mual, diare dan kehilangan nafsu makan ini karena bakteri baik dalam perut perlahan menghilang. Kulit penderita penyakit HIV akan terlalu sensitif sehingga mudah terkena goresan. Kulit menjadi merah dan bahkan berdarah.

Penyebab Penyakit HIV AIDS

Penyebab HIV AIDS adalah infeksi oleh virus HIV, yang menyerang system kekebalan tubuh sehingga sel-sel pertahanan tubuh makin lama makin banyak yang rusak. Penderita infeksi HIV menjadi sangat rentan terhadap semua bentuk infeksi. Pada tahap akhir, penderita tidak bisa tahan terhadap kuman-kuman yang secara normal bisa dilawannya dengan mudah.

Infeksi HIV ditularkan melalui hubungan badan baik vagina, anus, dan kontak dengan darah penderita HIV, seperti lewat jarum suntik, bayi yang dilahirkan oleh ibu yang terinfeksi HIV, menerima transfusi darah yang terinfeksi, serta transplantasi organ tubuh.

Faktor lain penyebab HIV AIDS antara lain :

  1. Penggunaan Jarum Suntik Yang Kurang Steril

Penyebab HIV AIDS yang pertama adalah penggunaan jarum suntik. Penggunaan jarum suntik yang tidak steril bisa meningkatkan risiko seseorang terkena AIDS. Biasanya hal ini terjadi pada kalangan orang yang hobi mengonsumsi Narkoba yang terkadang sering bertukar jarum suntik.

  1. Seks Bebas Dan Seks Yang Kurang Sehat Dan Kurang Aman

Penyebab HIV AIDS lainnya adalah seks bebas. Ketika Anda berhubungan intim, upayakan untuk maenaggunakan pengaman. Sebab, virus HIV AIDS akan lebih mudah menular ketika aktivitas intim Anda tidak sehat dan tanpa pengaman. Hubungan intim yang kurang aman dan tanpa dilengkapi pelindung (Kondom) lebih riskan dibandingkan memakai Kondom alias pelindung.

  1. Penyakit Keturunan

Jika orang tua atau kaker nenek Anda memiliki riwayat penyakit AIDS maka kemungkinan besar penyakit ini akan diwariskan pada Anda, dengan kata lain Anda akan menderita penyakit yang sama (kemungkinan besar). Ini juga merupakan penyebab HIV AIDS.

Cara Mencegah HIV AIDS

Mekanisme penularan penyebab HIV AIDS terjadi saat berhubungan seksual, baik dengan lawan jenis ataupun sesama jenis (homo dan lesby), tukar dan saling meminjam alat suntik (jarum, semprit, kapas dan wadah untuk cairan) yang biasa dilakukan oleh pengguna narkoba, transfusi darah dan transplantasi organ yang tidak diskrining, tato, tindik, dan lebih berisiko selama kehamilan seorang ibu yang menularkan pada calon bayinya.

Pastikan agar Anda melakukan tindakan pencegahan penularan HIV AIDS ini agar terhindari dari penyakit mengerikan ini:

  • Tidak berhubungan seks ataupun saling pinjam dan tukar pasangan yang pernah berhubungan dengan orang yang terinfeksi virus HIV.
  • Pastikan ketika melakukan transfusi darah steril dari paduan virus HIV.
  • Penggunaan narkoba dengan jarum suntik memudahkan virus HIV untuk menyebar.

Itulah sekilas informasi mengenai penyebab penyakit HIV dan bagaimana cara mencegahnya. Terima kasih telah membaca artikel mengenai penyebab penyakit HIV. Semoga informasi mengenai penyebab penyakit HIV diatas dapat bermanfaat untuk Anda.

Penyakit HIV Dan Penyebab

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*