Pengobatan HIV

Pengobatan HIV

 

Pengobatan HIV, Penyakit HIV adalah singkatan dari Human Immunodeficiency Virus. Virus ini menyerang sistem kekebalan tubuh. Virus ini melemahkan kemampuan tubuh dalam melawan infeksi dan penyakit. Jika sistem kekebalan tubuh seseorang telah dirusak oleh virus, maka akan mengembangkan AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome). Ini berarti mereka akan mendapatkan infeksi dan penyakit yang mana tubuh mereka biasanya bisa melawan. Didiagnosa menderita penyakit HIV bukan berarti seseorang memiliki AIDS atau mereka akan meninggal. Perawatan akan memperlambat kerusakan pada sistem kekebalan tubuh sehingga orang dengan penyakit HIV dapat tetap baik dan hidup sehat.

Pengobatan HIV

Pengobatan HIV

Penyakit HIV adalah salah satu jenis penyakit yang cara penularannya adalah memalui hubungan seksual. Dalam bahasa medisnya adalah masuk dalam golongan Penyakit Menular Seksual (PMS). Penyebab penyakit HIV adalah infeksi oleh virus HIV, yang menyerang system kekebalan tubuh sehingga sel-sel pertahanan tubuh makin lama makin banyak yang rusak. Penderita infeksi penyakit HIV menjadi sangat rentan terhadap semua bentuk infeksi. Pada tahap akhir, penderita tidak bisa tahan terhadap kuman-kuman yang secara normal bisa dilawannya dengan mudah.

Penyebab dari penyakit HIV juga bisa disebabkan oleh faktor lain, seperti penggunaan jarum suntik yang kurang steril. Hal ini bisa meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit HIV AIDS. Biasanya hal ini terjadi pada kalangan orang yang hobi mengonsumsi Narkoba yang terkadang sering bertukar jarum suntik.

Pengobatan HIV

Pengobatan HIV pada penderita HIV AIDS bukan saja dalam hal medis, namun juga dalam bentuk dukungan kepada para penderitanya. Seperti dukungan moral, pencegahan dan pengobatan infeksi oportunistik dan pengobatan antiretroviral.

Pengobatan HIV dengan ARV atau antiretroviral mungkin terdengar sedikit asing di telinga kita. Pada barisberikut kami akan menjelaskan apa itu pengobatan HIV dengan ARV atau antiretroviral. Pengobatan HIV dengan ARV atau antiretroviral yaitu obat yang dapat menghentikan reproduksi HIV didalam tubuh. Kerusakan kekebalan tubuh atau imun seorang penderita HIV AIDS dapat ditunda bertahun–tahun dan dalam rentang waktu yang cukup lama sehingga orang yang terinfeksi HIV dapat mencegah AIDS. Dengan catatan bila obat tersebut bekerja secara efektif. Kasus orang yang terinfeksi virus HIV beberapa tahun ini sangat tinggi, oleh karena itu pengobatan HIV dengan ARV atau antiretroviral memiliki peran penting dalam menciptakan masyarakat yang sehat melalui strategi penanggulangan AIDS yang memadukan upaya pencegahan dengan upaya perawatan, dukungan serta pengobatan.

Pengobatan HIV dengan ARV atau antiretroviral ini dapat menurunkan angka kematian dan meningkatan kualitas hidup orang yang terinfeksi HIV, serta meningkatkan harapan masyarakat untuk hidup lebih sehat, maka karenanya pengobatan ARV ini merupakan obat yang paling penting bagi para penderita HIV.

Hal yang perlu diketahui tentang perawatan:

  • Perawatan HIV sangat efektif tetapi pengobatannya seumur hidup.
  • Anda perlu mengambil pengobatan seperti yang disarankan oleh dokter, dan pastikan Anda untuk tidak lupa satupun.
  • Beberapa orang mendapatkan efek samping. Jika anda merasakannya, beritahu segera dokter Anda.
  • Narkoba dapat mempengaruhi cara pengobatan Anda bekerja. Jika Anda berada di perawatan dan berencana untuk menggunakan narkoba, bicaralah dengan dokter atau petugas perawatan pada AIDS Councils.
  • Melakukan anti-retroviral adalah sebuah keputusan yang penting dan membutuhkan diskusi dengan dokter Anda. Luangkan waktu untuk mengajukan pertanyaan dan pastikan Anda memiliki semua informasi yang Anda butuhkan.

Beberapa orang dengan HIV menggunakan jenis lain untuk terapi, baik sendiri atau dengan anti-retroviral mereka. Seperti halnya bentuk obat, tidak ada terapi pelengkap dapat menyembuhkan HIV. Terapi pelengkap termasuk obat tradisional, hipnoterapi, meditasi, homeopati, akupunktur, naturopati dan pijat. Hal ini penting untuk memberitahu spesialis HIV Anda jika Anda menggunakan salah satu, karena beberapa dapat mengganggu pengobatan HIV.

Pengobatan HIV

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*