Masa Inkubasi HIV

Masa Inkubasi HIV

 

Masa Inkubasi HIV – HIV adalah virus yang menyerang dan merusak sistem kekebalan tubuh kita sehingga kita tidak bisa bertahan terhadap penyakit-penyakit yang menyerang tubuh kita. Bila sistem kekebalan tubuh kita sudah rusak atau lemah, maka kita akan terserang oleh berbagai penyakit yang ada di sekitar kita seperti TBC, diare, sakit kulit,dll. Kumpulan gejala penyakit yang menyerang tubuh kita itulah yang disebut AIDS, yaitu :

A =Acquired (didapat)

I =Immune (kekebalan tubuh)

D =Deficiency (kekurangan)

S =Syndrome (gejala)

Masa Inkubasi HIV

Masa Inkubasi HIV

Apa Perbedaan antara HIV dan AIDS ?

HIV /AIDS sering dikaitkan satu sama lainnya dengan pengertian yang sama. Akan tetapi HIV dan AIDS mempunyai arti yang berbeda. HIV adalah singkatan dari Human Immunodeficiency Virus.Virus ini yang menyerang system kekebalan tubuh seseorang. Seseorang dapat terjangkit virus HIV, apabila virus tersebut masuk ke dalam saluran peredaran darah. Virus HIV menyerang system kekebalan seseorang.Jika tidak diatasi,maka virus ini akan merusak system kekebalan tubuh sehingga daya tahan tubuh melemah terhadap penyakit lain bahkan dapat mengakibatkan kematian. Kondisi inilah yang dinamakan AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome).

Penularan

Pada umumnya, penularan HIV/AIDS sampai saat ini diketahui dengan tiga cara berikut:

  • Melalul hubungan seks yang menyimpang;
  • Melalui transfusi atau pembauran darah (jarum suntik) yang dipakaikan kepada seseorang secara bergantian;
  • Melalui ibu hamil dan menyusui.

HIV/AIDS tidak dapat menular melalui hal-hal berikut:

  • Gigitan nyamuk/serangga; karena virus HIV/AIDS hanya hidup dalam sel-sel mamalia yang sangat khusus. Di samping itu, jumlah darah yang terbawa di bagian mulut nyamuk/serangga sangat kecil, sehingga perpindahan virus tersebut praktis menjadi tidak mungkin berpotensi menjadi mediator (penular).
  • Bersalaman, berpelukan, atau berciuman, karena bibir atau mulut berlainan dengan vagina dan anus, di mana tingkat virus HIV yang terdapat dalam air liur dari orang yang terinfeksi sangat rendah sehingga bahaya penularan AIDS lewat ciuman adalah kecil sekali.
  • Berenang bersama; karena pada saat berenang tipis kemungkinan adanya cairan tubuh yang keluar dan begitu juga pada saat mempunyai luka orang jarang berenang.
  • Terpapar batuk atau bersin pendenita; karena dalam air liur virus ini sedikit sekali.
  • Berbagi makanan atau menggunakan alat makan bersama dengan penderita; karena penularan virus HIV/AIDS terjadi dengan adanya percampuran cairan tubuhnya, khususnya melalui luka.
  • Memakai kamar mandi atau toilet bersama.

Masa Inkubasi HIV

Masa inkubasi adalah jangka waktu setelah terjadinya penularan sampai dengan timbulnya gejala penyakit. Penyakit AIDS mempunyai masa inkubasi yaitu masa tumbuhnya tunas HIV sampai berkembang menjadi AIDS. Masa Inkubasi HIV

Setelah HIV masuk dalam tubuh seseorang, maka terjadilah masa inkubasi, ketika dalam masa inkubasi sampai menjadi AIDS jumlah sel CD4 berlahan-lahan akan berkurang sampai setengahnya. ini berarti tubuh sudah kehilangan sampai setengahnya dari kekebalan tubuh. Dalam masa itu kekebalan tubuh masih berfungsi sekitar 9 – 10 tahun.

Masa inkubasi HIV (Human Immunodeficiency Virus) membutuhkan waktu yang lama. HIV menular melalui cairan tubuh, seperti air mani, ASI, maupun transfusi darah.

Namun setelah 9 – 10 tahun terinfeksi HIV jumlah sel CD4 dalam tubuh akan sangat berkurang sehingga sistem kekebalan tubuh sudah tidak berfungsi lagi. pada saat itu orang yang terinfeksi HIV sudah menjadi penderita AIDS. Jadi jika seseorang telah menderita AIDS, berarti dia sudah terjangkit HIV selama 1 – 9 tahun atau lebih. Pada anak bayi yang terkena HIV sejak lahir karena tertular orang tuanya, masa inkubasinya menjadi lebih pendek yaitu sekitar 1 tahun. Ini menjadikan sesuatu yang sangat menyedihkan. Dimana biasanya seseorang tertular penyakit AIDS karena perilakunya yang menyimpang. Namun hal ini terjadi pada anak yang belum mengerti apa-apa. Masa Inkubasi HIV

Langkah Pengobatan Bagi Penderita HIV

Meski belum ada obat untuk sepenuhnya menghilangkan HIV, tapi langkah pengobatan HIV yang ada pada saat ini cukup efektif. Pengobatan yang dilakukan bisa memperpanjang usia hidup penderita HIV dan mereka bisa menjalani pola hidup yang sehat.

Terdapat obat-obatan yang dikenal dengan nama antiretroviral (ARV) yang berfungsi menghambat virus dalam merusak sistem kekebalan tubuh. Obat-obatan tersebut diberikan dalam bentuk tablet yang dikonsumsi setiap hari. Anda akan disarankan melakukan pola hidup sehat. Misalnya makanan sehat, tidak merokok, mendapatkan vaksin flu tahunan, dan vaksin pneumokokus lima tahunan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko terkena penyakit berbahaya. Masa Inkubasi HIV

Tanpa pengobatan, orang dengan sistem kekebalan yang terserang HIV akan menurun drastis. Dan mereka cenderung menderita penyakit yang membahayakan nyawa seperti kanker. Hal ini dikenal sebagai HIV stadium akhir atau AIDS. Masa Inkubasi HIV

Cara Pencegahan HIV

Cara terbaik untuk mencegah HIV adalah dengan melakukan hubungan seks secara aman, dan tidak pernah berbagi jarum, dan peralatan menyuntik apa pun. Semua yang pernah berhubungan seks tanpa kondom dan berbagi jarum atau suntikan, lebih berisiko untuk terinfeksi HIV. Masa Inkubasi HIV

Masa Inkubasi HIV

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*